Swadana UNS Naik 100 Persen

Written By chaello on Minggu, 15 Juli 2012 | 07.05

SOLO—Kuota untuk calon mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) melalui jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Swadana melonjak hingga 100 persen. Awalnya, Panitia Penyelenggara Lokal (PPL), hanya menyediakan 1.025 kursi. Namun, pada pengumuman SPMB Swadana, Sabtu (14/7), calon mahasiswa yang diterima menjadi 2.128 atau bertambah sebanyak 1.103 kursi.
Menurut Ketua PPL Prof Sutarno, lonjakan itu terjadi karena ada kekosongan kursi dari calon mahasiswa yang sudah diterima tetapi tidak melakukan registrasi ulang. Calon mahasiswa tersebut mendaftar ke UNS lewat jalur ujian tulis (Utul) Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN).
“Untuk jalur Utul yang melakukan registrasi ulang sebanyak 2.789 calon dari 3.104 calon yang diterima. Sementara untuk jalur undangan yang registrasi ulang sebanyak 943 orang, dari lebih dari 1.000 calon mahasiswa yang diterima,” ungkap Prof Tarno, ketika ditemui di Sekretariat SPMB UNS, Sabtu (14/7).
Dia memperkirakan, calon mahasiswa tersebut sudah diterima di program studi (Prodi) yang diinginkan lewat jalur ujian masuk mandiri di perguruan tinggi lain. Bisa jadi, Prodi  yang diambil di UNS merupakan pilihan kedua atau ketiga. Karenanya, mereka memutuskan tidak kembali ke UNS.
Pembantu Rektor I UNS itu menambahkan, pihaknya juga mendapat instruksi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk menambah kuota mahasiswa baru sebesar 10 persen. “Adanya ketentuan penambahan 10 persen yang terbagi di semua Prodi itu juga mempengaruhi tambahan kuota untuk jalur swadana. Kebijakan ini merupakan upaya untuk memperluas akses pendidikan bagi masyarakat. Apalagi tren pendaftar SNMPTN secara nasional mengalami kenaikan 17 persen,” jelasnya.
Meski terjadi lonjakan kuota, namun masih ada tiga Prodi yang tidak memenuhi kuota yaitu Prodi Seni Kriya, Seni Murni dan Pendidikan Seni Rupa. Sementara untuk Prodi favorit adalah Ilmu Kedokteran yang mencapai 2.683 peminat. Padahal, kuota yang tersedia hanya 82 kursi.  Prodi Ilmu Psikologi menempati urutan kedua dengan 1.002 peminat dan urutan ketiga adalah Prodi Teknik Sipil dengan 971 peminat. Total peserta yang tersebar di tiga pilihan mencapai 21.461 peminat.
Diakuinya, masih banyak calon mahasiswa yang tak bisa tertampung dari jalur tersebut. Namun, UNS masih membuka pendaftaran melalui jalur Ujian Masuk (UM) Nusantara bersama 13 perguruan tinggi. “Masih ada kesempatan mendaftar online hingga 20 Juli. Hingga saat ini jumlah pendaftar hampir 2.000 orang. Utul akan dilaksanakan pada 22 Juli, mendatang.
Sumber : Harian Joglosemar Edisi Minggu 15 Juli 2012

0 komentar:

Posting Komentar