Dokter Angkat Tumor Seberat 23 Kg

Written By chaello on Kamis, 12 Juli 2012 | 12.25


Dokter bedah di New Jersey mengeluarkan tumor kanker yang membesar dengan cepat seberat 23 kilogram dari seorang wanita. Pasien ini sengaja menunda perawatan selama lebih dari sebulan sampai dia bisa mendapatkan asuransi kesehatan, ujar dokternya pada Selasa.
"Dia wanita kurus yang punya perut besar. Maksud saya dia seperti sedang hamil anak kembar tiga," ujar Dr. David Dupree, yang memimpin operasi wanita berusia 65 tahun itu, di Riverview Medical Center di Red Bank, New Jersey.
"Badannya hanya berisi perut," ujarnya mendeskripsikan pertemuan pertamanya dengan pasien tersebut, seorang ibu rumah tangga di Union Beach, New Jersey, yang meminta dipanggil dengan nama Evelyn.Sekitar enam sampai delapan pekan sebelum dia muncul di rumah sakit, Evelyn menyadari ada ketidaknyamanan di perutnya dan tubuhnya yang memiliki berat 54 kilogram tiba-tiba menggemuk dengan cepat. Dupree mengatakan Evelyn mencari bantuan medis pada 4 Juni, beberapa hari setelah ulang tahunnya yang ke-65, ketika dia bisa mendapatkan Mediacare, program jaminan kesehatan untuk lansia di Amerika Serikat.
"Alasan dia tidak datang sebelumnya karena dia tidak punya asuransi," ujar Dupree.
Saat itu, dia memiliki berat 77 kilogram, kakinya bengkak karena darah yang tersumbat, dia mengalami dehidrasi parah, dan hasil scan menunjukan, tumor itu -- sarcoma ganas -- menindih pembuluh vena cava inferior (pembuluh darah yang menerima darah dari badan dan kedua kaki), salah satu pembuluh darah utama yang membawa darah ke jantung, dan membuat hidupnya berada dalam bahaya.
Karena tubuhnya terlalu lemah untuk dioperasi secepatnya, Dupree menjadwalkan operasi pada Senin, supaya bisa menghilangkan dehidrasi dan mengontrol tekanan darahnya.
Tapi setelah dia mulai sesak napas pada Minggu malam, Dupree langsung memajukan jadwal operasi.
"Saya tahu dia tidak akan bertahan hidup setelah malam itu," ujarnya.
"Antara dia harus dioperasi sekarang atau akan meninggal malam itu," ujarnya.
Saat mengoperasi Evelyn, Dupree dan timnya menemukan tumor yang tampaknya berasal dari jaringan lemak di usus besar, sudah menutupi banyak organ dalam. Dupree dan timnya harus memotong "milimeter per milimeter" selama operasi yang berlangsung lima jam.
Evelyn masih dalam tahap penyembuhan dari operasi tersebut di sebuah pusat perawatan pada Selasa, ujar Dupree. Dia menolak diwawancarai.
Meski bahaya yang mengancam hidupnya berhasil diangkat, Evelyn masih harus menemui onkolog, dokter pakar kanker, untuk melakukan perawatan kankernya, yang mungkin tidak hilang sepenuhnya setelah operasi. Dia mungkin harus menjalani kemoterapi atau terapi radiasi.
Dupree mengatkan kalau dia menyarankan pasien yang tidak memiliki asuransi untuk menemui dokter secepatnya jika mereka sakit, tidak peduli dekat dengan usia 65 tahun atau tidak. Menurut Dupree, rumah sakit tetap akan mengoperasi Evelyn meski tidak memiliki asuransi, meski Dupree tidak tahu apakah dengan melakukan itu dia menghabiskan uang banyak.
Sumber : Yahoo.com

0 komentar:

Posting Komentar