China Diperingatkan Mengenai Naiknya Permukaan Air Laut

Written By chaello on Sabtu, 07 Juli 2012 | 10.25


Satu laporan baru pemerintah telah memperingatkan bahwa naiknya permukaan air laut dengan cepat di sekitar China akan mempengaruhi sebanyak 1.300 kotapraja pantai, atau tiga persen dari jumlah total di negeri itu, sampai 2050.
Menurut laporan 2011 mengenai permukaan air laut di China, yang diperbarui oleh Dinas Oseanik Negara (SOA) pada Rabu, permukaan air laut di sekitar pantai China diperkirakan akan naik 145 sampai 200 milimeter sampai 2050, sehingga mempengaruhi 87.000 kilometer persegi dataran rendah pantai.
Pemerintah menyatakan peningkatan kegiatan manusia di wilayah pantai, termasuk penggunaan berlebihan air tanah dan pembangunan gedung tinggi, telah menambah cepat naiknya permukaan air laut tersebut.
Peningkatan permukaan air laut akan menambah parah bencana alam seperti hujan badai dan mempercepat erosi air yang akan mempengaruhi akuakultur dan ladang garam.
Mulai 1980 sampai 2011, permukaan air laut di pantai China telah naik per tahun rata-rata 2,7 milimeter --lebih cepat daripada kenaikan rata-rata global, kata laporan itu.
SOA menyatakan naiknya permukaan air laut menjadi penyebab memperbesar dampak badai di seluruh pantai China tenggara dan gelombang air asin di Sungai Yangtze dan Pearl pada 2011.

0 komentar:

Posting Komentar