Pesawat Garuda Tergelincir Semua Penumpang Selamat

Written By chaello on Rabu, 18 Juli 2012 | 05.10


PEKANBARU—Pesawat penumpang milik maskapai Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 174 dari Jakarta, tergelincir saat berusaha mendarat dalam cuaca hujan deras di Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, Riau, Selasa (17/7) sekitar pukul 15.30 WIB.
Sebanyak 162 penumpang, termasuk Menteri Negara Lingkungan Hidup, Balthasar Bert Kambuaya selamat dalam insiden tersebut. Para penumpang turun lewat tangga biasa, termasuk Menteri Balthasar Kambuaya.  “Semua penumpang sudah pulang, meninggalkan bandara,” ujar Kepala Komunikasi Garuda Indonesia, Pujobroto, Selasa (17/7).
Pujo mengatakan, pesawat itu terbang dari Jakarta pukul 13.50 WIB dan mendarat pukul 15.30 WIB dalam kondisi hujan lebat. Akhirnya, pesawat Mendarat di runway 18. Berhenti di ujung landasan dengan roda pesawat berada di tanah,” jelas Pujobroto.
Dalam kejadian tersebut, badan pesawat berada di ujung landasan pacu sebelah barat. Jaraknya cukup dekat dengan runway atau lokasi parkir pesawat 18 pada Bandara SSK II Pekanbaru.  Pesawat dapat terlihat dengan jelas dari pintu masuk kompleks Landasan Udara Pekanbaru.
Pihak Garuda Indonesia sendiri memastikan bahwa pesawat GA 174 Jakarta-Pekanbaru yang tergelincir di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II dalam kondisi bagus. Saat terbang dari Jakarta pun tidak ada masalah. Namun saat mendarat di Pekanbaru, terganggu cuaca hujan deras.
“Pesawat terbang dalam kondisi sehat. Tidak ada masalah,” jelasnya.
Untuk pemeriksaan lebih lanjut, menurut Pujobroto, Garuda menyerahkan sepenuhnya kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk pemeriksaan. Pujo juga menuturkan, KNKT sudah memberikan izin untuk melakukan penarikan pesawat.
“KNKT yang melakukan pemeriksaan. Kita serahkan ke KNKT. Informasinya pesawat sudah ditarik,” tegas Pujo.
Airport Duty Manajer Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Ibnu Hasan mengakui telah mendapat informasi terkait keberadaan Menteri Negara Lingkungan Hidup di dalam pesawat nahas tersebut.
“Semua penumpang selamat dan berhasil dievakuasi, termasuk menteri,” katanya, Selasa (17/7)
Sumber : Harianjoglosemar

0 komentar:

Posting Komentar