Terkena Moratorium PNS, Kabupaten Temanggung Terancam Kekurangan Guru

Written By chaello on Kamis, 06 Oktober 2011 | 23.55

Add caption
Kabupaten Temanggung, yang merupakan salah satu daerah yang terkena kebijakan moratorium pegawai, bakal merasakan dampak buruknya. Terutama di bidang pendidikan.

Sebab , selain masih kekurangan sekitar 600 guru, ditambah puluhan yang bakal memasuki masa pensiun tahun ini dan tahun 2012 mendatang. ‘’Tidak adanya penerimaan pegawai, ada problem yang kita hadapi, yaitu semakin membengkaknya kekurangan tenaga pendidik,’’ terang Ketua komisi D DPRD Erda Wahyudi, Jum’at (7/10).

Dampaknya, tambah Erda, tentu akan semakin melemahkan kinerja teknis bidang pendidikan. Menurutnya, walau tidak memiliki dasar hukum yang kuat, kekosongan guru bisa diisi guru wiyata bhakti.’’Jika memang tidak ada rekrutmen pegawai, ya mengoptimalkan guru wiyata bhakti, itu solusi terbaik. Sebab tenaga guru tidak bisa digantikan dari bagian lain.’’

Persoalan kekurangan guru , kata Erda menjadi pelik. Sebab Pemerintah melarang ada pengangkatan guru honorer, padahal mereka sangat dibutuhkan. Persoalan lain yang muncul, selain guru honorer, guru-guru wiyata bhakti juga sangat dibutuhkan, namun di satu isi Pemkab tidak bisa memberi penghargaan yang layak.

0 komentar:

Posting Komentar