heboh Kanker Serviks Mengintai Wanita

Written By chaello on Kamis, 06 Oktober 2011 | 23.37

Add caption
Perempuan kadang kurang atau bahkan tidak faham tentang kanker serviks. Padahal di Indonesia kanker serviks menjadi pembunuh nomer satu. 
Data 2002 menunjukkan, dari 13 pusat patologi di Indonesia kanker serviks menjadi killing machine nomor wahid. Kanker mulut rahim, menempati 25 persen dari 10 jenis kanker terbanyak yang menyerang laki-laki dan perempuan. Sedangkan pada perempuan kanker ini memiliki presentase 26,4 persen dari 10 jenis kanker yang menyerang. 
Hal ini mengindikasikan perempuan Indonesia setiap jam meninggal karena kanker serviks. Di dunia setiap dua menit wanita meninggal karena kanker ini. Diperkirakan kanker serviks membunuh 270.000 wanita tiap tahunnya. 
Kanker ini disebabkan serangan Human Papilloma Virus (HPV). Biasanya menyerang wanita usia produktif, kira-kira tiga puluh sampai lima puluh tahun. HPV tipe 16 dan 18 adalah penyebab 70 persen kanker serviks di Indonesia dan dunia. 
Kanker serviks menyerang leher rahim yang merupakan bagian terendah dari rahim. Serangan dimulai dari leher rahim ke uterus (rahim) kemudian mencapai vagina. Dari organ ini terus menyebar ke bagian lain bila tidak diobati. 
Penyakit ini menular melalui kontak kulit kelamin. Infeksinya bersifat menetap dan tidak bisa hilang dengan sendirinya. Kebanyakan wanita tidak merasa terkena kanker ini. Mayoritas wanita baru sadar ketika serangan sudah mencapai stadium tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar